Perbedaan optical disk dan pita magnetik dan Kekurangan-Kelebihannya

 Perbedaan Pita Magnetik dan Disk Magnetik



●Pita Magnetik dan Disk Magnetik adalah jenis memori magnetik. Keduanya disebut penyimpanan non-volatil dan digunakan untuk menyimpan data. 

Pita magnetik berisi pita plastik tipis yang digunakan untuk menyimpan data. Ini adalah memori akses sekuensial. Jadi kecepatan baca/tulis datanya lebih lambat. Ini terutama digunakan untuk backup data. 

●Magnetic Disk berisi piringan berbentuk lingkaran yang terbuat dari logam atau plastik. Kedua sisi disk biasanya digunakan untuk menyimpan data. Disk dilapisi dengan oksida magnetik. Disk dibagi menjadi beberapa lingkaran konsentris yang dikenal sebagai track dan track dibagi menjadi beberapa sektor tempat data disimpan. 

●Keuntungan dari pita magnetik


Dari harga hingga tingkat keamanan yang ditawarkan, kaset menawarkan manfaat besar sebagai metode pencadangan, termasuk pencadangan di luar lokasi dan jangka panjang.


Harga & efektivitas biaya


Salah satu keuntungan dari tape backup adalah harganya yang sangat terjangkau. Hal ini membuat tape menjadi pilihan menarik bagi bisnis dengan anggaran terbatas.

Pencadangan tape juga sangat hemat biaya. Investasi awal mungkin lebih tinggi dibandingkan beberapa opsi penyimpanan, namun seiring waktu akan menghemat uang Anda. Pita magnetik memiliki umur simpan yang lama dan dapat digunakan kembali berkali-kali. 


Portabilitas


Pita magnetik berukuran kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa ke luar lokasi. Hal ini penting jika terjadi bencana, seperti kebakaran atau banjir, saat Anda perlu segera memindahkan data ke tempat yang aman. 


Keandalan


Pita magnetik dirancang untuk tahan terhadap kondisi yang keras, meskipun sangat disarankan untuk menyimpannya di ruangan yang tepat, dengan kelembapan dan suhu terkendali, untuk menjamin masa pakai yang diharapkan. Hal ini menjadikannya ideal untuk penyimpanan jangka panjang. Selain itu, Anda masih memiliki rekaman dan data di dalamnya setelah hingga 30 tahun.


Keamanan data


Data pada kartrid pita magnetik disimpan secara offline, yang berarti bahwa serangan dunia maya dan ancaman online lainnya tidak menimbulkan risiko terhadap cadangan pita Anda.


Kebutuhan daya minimum


Anda tidak memerlukan sistem pendingin atau menghubungkan kaset Anda untuk menyimpan data Anda. Kecuali Anda mengakses data di dalamnya, kaset tidak akan menggunakan 


●kekurangan dari pita magnetik


Pencadangan tape memiliki kelemahan yang jelas, yaitu memerlukan drive khusus atau perpustakaan tape. Namun, ini bukan satu-satunya kelemahannya. 

Jika Anda memerlukan kecepatan untuk menyimpan atau memulihkan data dari cadangan Anda, atau bahkan jika Anda ingin mencari file tertentu di perangkat Anda, maka cadangan rekaman bukanlah pilihan terbaik untuk Anda.

Di sini Anda memiliki kelemahan cadangan tape lainnya:


Kecepatan rendah


Salah satu kelemahan terbesarnya adalah lambat. Karena data ditulis ke kaset secara berurutan, diperlukan waktu lama untuk membuat cadangan data dalam jumlah besar. 

Dan jika Anda perlu memulihkan data dari cadangan tape, dibutuhkan waktu lama juga untuk mengambil informasi yang Anda perlukan. 


Memakan waktu


Mencadangkan data ke kartrid pita magnetik dapat memerlukan waktu beberapa jam, tergantung pada jumlah data yang dicadangkan. 

Dan ini juga mencerminkan waktu yang Anda perlukan untuk memulihkan data Anda karena pemulihan data secara keseluruhan bisa memakan waktu lama. Di sini, bisnis Anda mungkin menghadapi waktu henti lebih lama dari yang diperkirakan oleh rencana pemulihan bencana Anda .

●Kelebihan Optical Disk


Optical Disk hanya terdiri dari plastik dan aluminium foil, yang membuatnya lebih murah.


Ketika datang ke memori volatile dan non-volatile, maka Cakram Optik lebih tahan lama. Ketika kekuatan itu tidak kehilangan data apapun, sehingga bisa dijalankan untuk jangka panjang.


Penggunaan optical disk sangat sederhana. Jadi, proses pencadangannya sangat mudah. Ketika kita ingin membakar data, maka data tersebut harus diletakkan di dalam drive yang ingin kita bakar. Dan pengguna dapat melakukannya dengan mudah dengan mengklik “Burn Disk”.


Cakram Optik sangat portabel. Namun, ukuran disknya besar, tetapi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, dan dapat ditampung di komputer mana pun.


Optical Disk memberikan tingkat stabilitas yang tinggi.


Cakram Optik sama sekali tidak terpengaruh oleh medan magnet.


Optical Disk jauh lebih tangguh daripada kaset dan floppy disk.


Cakram Optik juga memungkinkan komputer untuk menggunakannya sebagai sistem musik.


Itu dapat menyimpan data untuk waktu yang lama.


Itu tidak bisa rusak dengan mudah.


Optical Disk memiliki sejumlah besar data yang tidak biasa di kedua sisi DVD.


Waktu yang diperlukan untuk membaca dan menulis berada di atas jalur asli.



●Kekurangan Optical Disk


Setelah kita mengetahui keuntungan dari Optical disk, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan yang diberikan di bawah ini:


Saat Anda menggunakan disk ini untuk tujuan pencadangan, maka Anda harus menjaganya tetap aman dari pencuri. Setelah itu dicuri, itu lebih berbahaya. Jadi karena ukurannya yang besar, bisa dengan mudah dicuri atau hilang.


Dibandingkan dengan drive lain, drive optik sangat mahal. Optical Disk sangat mahal per Giga byte/Tera byte. Selain itu, jika kita bandingkan kapasitasnya dengan yang lain, maka kapasitasnya juga lebih kecil, kecuali Blue-Ray. Pekerjaan penyimpanan Optical Disk adalah 4,7 GB.


Itu tidak lebih ramah pengguna karena biayanya yang rendah. Untuk layanan, diperlukan sejumlah besar cadangan jaringan dan online.


Tidak mudah untuk menggandakan optical disk seperti USB flash drive. Ketika Anda perlu membakar, maka Anda harus membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang terpisah.


Bisa dengan mudah tergores atau mudah patah.


Dalam optical disk, tidak mudah untuk menyalin data dari satu ke yang lain dibandingkan dengan floppy disk.


Optical Disk adalah disk yang lebih rumit daripada yang lain.


Ini memberikan kecepatan akses data yang lambat dibandingkan dengan disk magnetik lainnya.


Beri label Optical disk untuk memu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesimpulan raid